Kamis, 08 April 2010

BELAJAR DARI BELAJAR


KBM merupakan kegiatan (activity) yang dilakukan sang guru dalam mentranfer ilmu kepada sang murid atau kepanjangan dari Kegiatan Belajar dan Mengajar. Proses belajar dan mengajar yaitu suatu usaha agar bahan palajaran yang ditentukan berdasarkan tujuan yang diinginkan dapat dikuasai dan dimiliki oleh siswa. Adakah tujuan dan teori belajar memberi pengaruh dalam proses sehingga tercapai apa yang diinginkan.
A curriculum is essentially a plan of learning. Kurikulum merupakan rencana untuk pengajaran, sedikitnya teori belajar sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan bahan yang dipilih untuk mencapai yang diinginkan. Apa yang telah dikuasai oleh siswa , bagaimana kondisi belajar yang menguntungkan, teori belajar dapat memberi petunjuk pada perkembangan anak dalam menentukan bahan ajar dan cara belajar.
Apakah belajar itu ? Banyak teori belajar yang dikemukakan oleh para ahli yang menginformasikan untuk memecahkan masalah. Teori belajar biasanya mengutamakan aspek tertentu misalnya teori behaviorisme mengutamakan asosiasi, teori Gestalt menonjolkan insight sedang teori psiko-analisis lebih kearah dinamika atau motivasi pelajar.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More